Sistem Pendidikan di Indonesia tidak benar

Anak merupakan tumpuan generasi masa depan bangsa. Oleh karena itu sedari kecil mental dan karakter mereka harus dibangun agar mampu menjadi generasi penerus bangsa yang cakap di bidangnya. Menurut psikiater Prof. Dr. dr. Luh Ketut Suryani, SpKJ pembangunan mental dan karakter anak-anak saat mengenyam di bangku TK dan SD itu salah.

"Mengapa saya katakan salah, sistem atau konsep pendidikan di Indonesia itu salah karena tidak sesuai dengan karakter dan pendidikan si anak," ucapnya.

Dia menegaskan bahwa anak yang tengah mengenyam pendidikan khususnya di TK jangan dipaksa untuk segera bisa membaca, menulis dan berhitung.

"Jangan membuat anak-anak harus tahu segalanya dan mengerti berbagai ilmu pengetahuan, biarkan saja saat di TK itu mereka bermain.

Para orang tua terkadang menginginkan agar anak bisa segera membaca, menulis dan berhitung. Padahal menurutnya, hal ini dapat menyebabkan anak-anak menjadi takut untuk belajar dan mereka tidak merasa gembira.

"Kalau anak gembira maka kedepannya mereka akan lebih mempunyai semangat juang dan lebih kreatif, tidak hanya berguna untuk diri sendiri, tetapi juga untuk masa depan bangsa," ungkap Direktur Suryani Institute for Mental Health ini.

Suryani juga menilai, anak-anak yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) untuk kelas 1 dan 2 agar jangan dibiarkan masuk pagi, menurutnya alangkah baiknya jika anak kelas 1 masuk di siang hari untuk melatih disiplin anak bangun di pagi hari.

Seyogyanya biarkanlah anak berkembang dengan wajar, kerena setiap anak punya kelebihan dan keunikan yang tidak harus dididik sejak dini apalagi dipaksa untuk berbagai hal.

Menurut saya pendidikan di indonesia tidak benar , karena ada beberapa faktor yaitu :

1. Hasil UN bagus tapi kenyataannya anak itu tidak pintar , ada juga malah nilai UN jelek tetapi dia pintar
2. Mengapa harus ada tawuran di indonesia , apakah gurunya yang tidak mendidik dengan benar / muridnya , buat apa sekolah jika hanya untuk tawuran , tawuran juga hanya akan menimbulkan dosa
3. Apakah Pemerintah kita tidak menangani soal ini , apakah pemerintah kita hanya ingin uang saja
4. Banyak koruptor di Indonesia , itu dikarenakan apa , apakah para koruptor tidak sekolah , kalau sekolah pasti tidak akan seperti itu , atau sekolahnya yang tidak memperhatikan
5. Seharusnya jika ada masalah yang besar , harus diselesaikan dengan tuntas , jangan hanya memilih masalah kecil ,
6. Banyak teroris di Indonesia , karena apa bisa ada teroris ,
7. Seharusnya Sekolah di Indonesia Dibuat Sekolah sesuai bakat , agar Indonesia kita bisa menyaingi negara lain,
8. Jika kita membuat sesuatu buatlah yang belum pernah ada , jangan membuat yang sudah ada , seperti mobil buatan esemka , mobil itu kan sudah banyak ada , mengapa harus dibuat lagi , kita itu harus menjadi orang yang kreativ , jangan hanya menjadi seorang plagiat. Misalnya membuat sesuatu yang lebih modern lagi dari negara lain , contohnya mobil terbang , membuat kendaraan bahan bakar tenaga surya , dll
9. Film di Indonesia juga tidak ada yang bagus , Bagaimana menurut anda tentang Indonesia ?

Posting Komentar